Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Merawat Rambut Praktis Dengan Baik dan Benar

tips-merawat-rambut
Rambut merupakan mahkota bagi wanita. tentunya kita harus tahu tips Merawat Rambut agar tetap sehat bukan? Banyak wanita yang tidak segan merogoh kocek yang dalam di salon untuk memastikan “mahkota”nya tetap berkilau dan dapat mempesona setiap orang.
Padahal sebetulnya dengan perawatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah, rambut dapat terawat tanpa harus pergi ke salon yang notabene harganya tidak murah. berbagi-tips sudah merangkumkan 10 tips merawat rambut yang pastinya dapat dilakukan dengan mudah.

1. Potong Atau Rapihkan Rambut Setiap 4 s/d 6 Minggu Sekali

Memotong rambut secara rutin dapat memastikan ujung rambut kita terpotong dan membuang ujung rambut yang biasanya tempat banyak masalah rambut terjadi sepert kering dan pecah – pecah. Hal ini juga dapat memastikan model potongan rambut tetap terjaga

2. Pakai Sampo Khusus Bagi Rambut Yang Diwarnai

Untuk rambut yang diwarnai atau di cat (baca juga : Tips cara mewarnai rambut di rumah) hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas karena dapat membuat warna rambut cepat luntur, dan minimalkan penggunaan sampo misalkan keramaslah 2-3 hari sekali.

3. Pakai Conditioner Khusus Untuk Rambut Dicat

Pakai conditioner untuk memastikan rambut tetap sehat dan terlihat halus, mengkilap, serta mudah disisir. Fokuskan pada bagian ujung rambut karena bagian inilah yang biasaya menjadi masalah dan akhirnya bilas hingga bersih.

4. Pakai Sisir Bergerigi Jarang Untuk Meminimalkan Kerusakan Rambut

Pada umumnya sisir memang digunakan buat merapikan rambut, namun bukan hanya menjadikan rambut menjadikan lebih rapi, tapi ada juga manfaat yang lebih besar, apa itu? diantaranya dapat mengatasi rambut yang rontok, susah diatur, dan kusut. maka dari itu setiap memakai jenis sisir harus menggunakan yang tipenya yang tepat, jagan sembarangan yang justru malah bisa menimbulkan masalh baru. maka dari itu perhatikanlah memakai jenis sisir yang tepat

5. Pakai Hair Dryer Hanya Saat Rambut Hampir Kering

Hal ini karena semakin panas dan durasi yang lama Anda menggunakan hair dryer, dapat menambah risiko rusaknya kutikula rambut.

6. Hindari menggunakan Hairdryer sudah terlalu tua

Perlu diketahui hair dryer ternyata juga memiliki jangka waktu pemakaian tertentu, meskipun tidak tertulis tanggal kadaluarsanya. pada dasarnya, alat tersebut berfungsi lebih baik jika pemakaiannya adalah 600-800 jam, jika setiap hari anda menggunakan hair dryer, berarti tinggal anda kalkulasikan kira-kira dari 600 jam itu sekitaran 2 tahun. 
Nah, setelahnya hair dryer yang anda pakai lebih baik diganti dengan yang baru untuk meminimalisir kerusakan pada rambut. hair dryer yang terlalu tua dipakai biasanya akan terlalu panas suhunya, semakin tua amaka bakalan akan banyak kotoran dan debu-debu yang menempel dalam partikel-partikel di dalamnya disaat menghisap udara

7. Minimalkan Penggunaan Produk Styling

Jangan terlalu banyak penggunaan seperti mousse, gel dan hair spray. Hal ini karena dapat memudarkan kilau rambut bila dipakai secara rutin dan untuk jangka waktu yang lama.

8. Hindarkan Rambut Dari Zat Kaporit

Hal ini karena dapat membuat rambut kering karena efek samping bersentuhan langsung dengan kaporit. Bila memang ingin berenang pastikan basahi dulu rambut agar tercipta selaput air yang menutupi permukaan rambut. Dan jangan lupa setelah usai berenang, bilaslah sebersih mungkin. Jangan lupa untuk menghindari sinar matahari langsung.

9. Jangan Lakukan Pelurusan Setelah Rambut Dicat

Hal ini karena dapat membuat rambut yang terekspos dengan bahan kimia yang berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada rambut seperti rambut menjadi kusam dan mudah patah.

10. Gunakan Produk Perawatan Untuk Mencegah Rambut Rontok

Seperti layaknya tubuh manusia rambut juga memerlukan vitamin yang bisa melalui diminum atau berupa tetes-tetes vitamin atau serum yang tujuannya untuk menguatkan akar rambut.
Sekian tips merawat rambut praktis yang bisa kami bagikan untuk kalian readers. Semoga artikel ini bermanfaat dan bila ada komentar atau pertanyaan yang ingin kalian sampaikan bisa disampaikan disesi komen di bawah ya!

Post a Comment for "10 Tips Merawat Rambut Praktis Dengan Baik dan Benar"