Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Tips Menghemat Uang Dengan Baik ala Penasehat Keuangan

Tips-menghemat-uang
Cara menghemat uang tidaklah hanya sekedar menyimpan tabungan di bank, itu hanya salah satunya saja. ya,, saya tahu menabung memang satu hal yang mudah di lakukan, tapi sangat sulit kedepannya di implementasikan, 

Hal ini terjadi memang dalam hidup kita sehari-hari memiliki banyak kebutuhan yang memang wajib terpenuhi, karena hanya menabung saja terkadang yang sudah di agendakan tidak berjalan mulus sesuai yang telah direncanakan.

Maka dari itu, kepandaian anda dalam menghemat uang harus benar-benar di pertimbangkan dengan matang dan baik. sebab, tidak banyak orang bisa menghematnya secara baik, bahkan tidak sedikit hanya gara-gara tidak pintar menghemat uang akibatnya pengeluaran malah lebih besar daripada pemasukan.

Cara Menghemat Uang Bulanan

Dengan melakukan tips-tips di di bawah ini saya telah berhasil menghemat pundi-pundi rupiah, dan saya sangat merasakan manfaatnya. Semoga tips berikut bisa bermanfaat bagi Anda, silahkan jika berkenan di share ke jejaring social dari akun anda.

1. Ketahui Apa Kebutuhan Anda dan Buat Anggaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghemat uang Anda adalah dengan mengetahui apa sebetulnya kebutuhan Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat daftar item-item yang dibutuhkan dalam sebulan.

Contoh :

  1. Makan dan Minum
  2. Sewa Rumah
  3. Listrik dan Air
  4. Transportasi
  5. Pulsa Telekomunikasi / Internet
  6. dll.

Hitunglah dengan jujur, dan ingat hitung yang benar-benar jadi kebutuhan bukan keinginan yang jumlahnya tak terbatas. Setelah Anda mengetahui apa saja kebutuhan Anda, maka langkah selanjutnya adalah menghitung biaya yang harus dikeluarkan untu memenuhi kebutuhan tersebut dan dibuatkan  Anggaran Keuangannya, dan terapkan dalam kehidupan nyata.

2. Segera Sisihkan Untuk Tabungan

Tips ini saya dengar dari banyak penasehat keuangan di Indonesia, saat Anda menerima gaji / hasil jualan segera sisihkan sekian persen untuk ditabung, hal ini berguna untuk mencegah tidak adanya uang tabungan karena uangnya sudah habis untuk lain-lain.s

3. Sisihkan Untuk Sedekah

Sedekah itu tidak mengurangi harta Anda, atau setidaknya hanya pergi dari tangan Anda dalam sekejap mata dan setelah itu Tuhan mengembalikannya berlipat ganda.

4. Kurangi Jajan di Luar

Jajan di luar adalah salah satu penyebab berkurangnya uang secara drastis. Cobalah meminimalisir membeli jajanan di luar menjadi minimal 1-2 kali per pekan.

5.  Bawal Bekal dari Rumah

Membawa bekal yang dimasak di rumah selain lebih sehat dan lebih banyak, tentunya juga lebih hemat karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar orang memasak untuk kita dan karena kita membeli bahan baku dengan harga lebih murah.

6. Bawa Minuman Dari Rumah

Coba hitung jika setiap hari Anda membeli 1 botol air mineral  seharga Rp 3.000,00 dan kalikan 20 hari dalam sebulan maka Anda telah mengeluarkan Rp 60.000 hanya untuk minuman.  Belilah botol khusus air minum isi ulang, seharga Rp 30.000 – Rp 50.000 dan bawa air minum setiap hari dari rumah, maka Anda dapat menghemat hingga Rp 670.000 dalam setahun !!! (Rp 60.000 * 12 – Rp 50.000 untuk membeli botol air minum )

7. Matikan Lampu di Siang Hari

Saat siang hari, manfaatkan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan dan matikan lampu.

8. Pertimbangkan Untuk Membeli Barang Tangan Kedua

Butuh motor, mobil, handphone ? coba pertimbangkan membeli barang second dan dapatkan penghematan yang cukup besar.

9. Berhenti Merokok

Merokok itu dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, sebungkus rokok seharga Rp 10.000 – Rp 15.000 dapat mengurangi kekayaan Anda hingga Rp 450.000 per bulan, untuk itu jika Anda seorang perokok segera berhentilah merokok.

10. Matikan Lampu Saat Hendak Tidur

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa, tidur dalam keadaan gelap (tanpa pencahayaan) memberikan efek positif kepada tubuh. Ditambah lagi menghemat biaya listrik bulanan Anda.

Bagaimana Cara Menghemat Uang Saku Bagi Mahasiswa

Banyak orang bilang masa kuliah adalah salah satu masa paling indah dan menyenangkan, masa-masa saat seseorang mulai belajar belajar mandiri dan bertanggung jawab atas segala pilihannya. 

Dari sekian banyak hal penting yang harus diatur saat kuliah, uang menjadi salah satu aspek vital yang dapat mempengaruhi keberlangsungan kehidupan kampus para mahasiswa-mahasiswa. 

Terutama bagi para saudaraku mahasiswa-mahasiswi perantauan. Hidup di kota/negeri orang, jauh dari keluarga tersayang…. Oohh rindunya…., dan pastinya harus pintar-pintar menghemat uang saku. 

Tips Menghemat Uang

Tips dibawah bisa anda lakukan juga untuk kamu yang masih sekolah karena banyak juga anak siswa sang tingkat SMA yang sekolahnya jauh dari orang tua  dan rumahnya, Baiklah tanpa perlu panjang lebar, Berikut ini tips cara menghemat uang bagi mahasiswa yang bisa dicoba.

#1. Pilih Kost Dekat Kampus

Jika kamu adalah mahasiswa baru dari perantauan atau lokasi kampus kamu jauh dari rumah, saya sangat menyarankan untuk ngekost. Pilihlah lokasi kost yang dekat dengan kampus, hal ini sangat berguna untuk menghemat waktu pulang-pergi ke kampus juga menghemat uang transportasi, syukur-syukur jika jarak antara kost-kampus bisa ditempuh dengan berjalan kaki beberapa menit, bisa sehat sekaligus menghemat uang.

#2. Kost Bersama Teman-teman

Sebagian mahasiswa sangat mengutamakan privasinya makanya banyak yang memilih kost sendiri, namun cobalah pertimbangkan kost bersama beberapa teman sekampus untuk menghemat pengeluaran sewa kost bulanan, juga menambah keakraban dengan teman sekampus dan akan jadi cerita indah di masa tua nanti.

#3. Makan Di Kantin Kampus

Makan itu penting agar mahasiswa dapat belajar dengan tenang dan penuh konsentrasi. Jangan sampai karena uang saku terbatas, kita memilih untuk tidak makan, karena jika sampai sakit maka biaya yang harus kita keluarkan akan lebih besar. Makanlah di kantin kampus, karena biasanya pihak kampus menyediakan kantin khusus mahasiswa dengan beragam makanan yang sehat dan bergizi, dan relatif murah.

#4. Bawa Bekal Makanan Sendiri

Dengan membawa makanan yang dimasak sendiri, kamu berkesempatan untuk menghemat uang saku, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar orang memasak untuk kamu. Belilah bahan makanan dari pasar dan masaklah sendiri, ini akan jadi pengalaman yang seru dan menyenangkan.

#5. Masak Bersama

Jika kamu masih ragu untuk masak sendiri di kost, maka pertimbangkan untuk masak bersama dengan teman-teman satu kost. Buatlah kesepakatan untuk patungan membeli bahan masakan dan berbagi tugas dalam memasak, dan uang saku akan hemat banyak, pengalaman pribadi :p.

#6. Pertimbangkan Beli Buku Pelajaran Second

Materi kuliah sangat penting untuk dipelajari, karena itu akan menentukan nasib kamu di kampus. Biasanya dosen akan menyarankan untuk membeli buku atau memfotokopi materi, cara ini memang paling mudah dan sederhana, namun biasanya harga sebuah buku pelajaran baru cukup mahal, untuk itu pertimbangkanlah membeli buku pelajaran second dengan harga jauh lebih murah. 

Jika kamu kuliah di Jakarta buku pelajaran second banyak di jual di pasar kwitang, ataupun pasar jatinegara, cara lainnya adalah tanyakan kepada seniormu di kampus yang sudah mengambil mata kuliah tersebut, dan tanyakan apakah masih menyimpan dan diperbolehkan membeli buku untuk mata kuliah tersebut.

#7. Pinjam Buku di Perpustakaan Kampus

Jika kamu masih memiliki kendala soal dana untuk membeli buku pelajaran, sering-seringlah berkunjung ke perpustakaan kampus untuk meminjam atau membaca buku pelajaran yang kamu butuhkan, ini jelas sangat hemat biaya.

Saya pribadi merasa sangat bersyukur karena itu adalah kunci hidup bahagia bisa dengan diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa untuk dapat menikmati pendidikan di perguruan tinggi meskipun mengambil kelas karyawan, di saat banyak saudara-saudara sebangsa saya belum bisa menikmatinya. 

Ada banyak suka duka menjadi mahasiswa, mulai dari punya banyak teman baru yang seru, ketemu teman baru yang “muke gile” *kata Komik Mahasiswa, ketemu dosen yang baik hati, ketemu dosen yang killer, dsb., salam mahasiswa .

Post a Comment for "17 Tips Menghemat Uang Dengan Baik ala Penasehat Keuangan "