4 Langkah Awal Memulai Bisnis Untuk Menciptakan Visi

memulai-bisnis-dari-nol
Menjalankan bisnis membutuhkan lebih dari pendekatan sehari-hari. Anda memerlukan ide yang jelas tentang di mana Anda ingin bisnis menjadi sepuluh tahun dari sekarang, yang tidak hanya menginspirasi Anda, itu juga menginspirasi dalam tim. Intinya, jika Anda ingin pergi ke suatu tempat dan Anda ingin orang-orang mengikuti di sana, Tentunya harus memvisualisasikannya terlebih dahulu: Kamu tidak bisa menjadi pemimpin tanpa visi.
Masalahnya adalah, kebanyakan dari kita terlalu sibuk menangani tantangan sehari-hari untuk duduk dan melihat apa yang kita lakukan dan di mana kita ingin berada. Terkubur di bawah tekanan harian menjalankan bisnis, sebagian besar pemilik usaha kecil hampir tidak dapat berpikir enam bulan ke depan, apalagi sepuluh tahun.

Langkah Memulai Bisnis Dari Nol

Berikut adalah 4 langkah sederhana untuk menggambarkan bisnis Anda dalam sepuluh tahun, dan memetakan jalur terbaik untuk sampai ke sana dan menginspirasi orang-orang Anda untuk mendukung Anda dan ikut dalam perjalanan:

1. Mulailah Menulis Masa Depan Bisnis 10 Tahun Ke Depan

Bayangkan sepuluh tahun dari sekarang. Tuliskan semua rincian yang Anda mampu tentang seperti apa bisnis tersebut. Tidak ada jawaban benar atau salah di sini. Intinya adalah untuk fokus mempelajari visi bisnis Anda di masa depan: ke mana Anda ingin pergi, dan seperti apa Anda ingin terlihat. Jangan khawatir tentang apakah itu akan benar-benar menjadi seperti ini.
Termasuk:
  • Berapa banyak anggota tim yang akan dimiliki
  • Lokasi apa yang akan dimiliki
  • Produk dan layanan apa yang mau di tawarkan
  • Bagaimana bisnis bisa secara terstruktur
  • Seperti apa pelanggan atau klien ideal 
  • Volume apa yang ingin dilakukan?
  • Seperti apa kehidupan diri sendiri, dan seberapa terlibat dalam kegiatan sehari-hari bisnis itu.
Dan jika Anda tidak terlibat lagi, apa yang mau dilakukan?

2. Back up Lima Tahun

Setelah memiliki visi sepuluh tahun secara tertulis, mundurlah di tengah jalan. Dalam lima tahun, di mana harus berada di jalur yang tepat untuk mencapai titik sepuluh tahun itu? Tutupi detail yang sama, dan tuliskan.
Contohnya:
  • Berapa banyak orang semua Team?
  • Apakah sudah memiliki separuh lokasi seperti dalam sepuluh tahun?
  • Apakah mau menawarkan produk yang sama dengan layanan seperti sekarang, atau sama seperti dalam sepuluh tahun?
  • Sudahkah menemukan pelanggan ideal ?
  • Apakah sudah melakukan setengah volume yang Anda lakukan dalam sepuluh tahun?
  • Apakah you masih bekerja setiap hari? Seperti apa kehidupan diri  sendiri dalam lima tahun?

3. Cadangkan Dua Tahun Lagi

Sekarang setelah memiliki visi lima tahun , bawalah kembali ke versi tiga tahun dari bisnismu. Ajukan pertanyaan yang sama, dan pikirkan apakah visi tiga tahun  harus mendukung visi lima tahun : apakah sudah berada di jalur yang benar? Di mana harus berada di sini bertahun-tahun untuk mencapai tujuan lima tahun ?

4. Kembali ke Tahun Depan

Akhirnya, balikkan naskah seluruhnya: Kamu perlu melihat dengan tajam tahun berikutnya - dan sekarang harus memiliki perspektif sepuluh tahun untuk melakukannya. Jadi tanyakan pada diri sendiri: di mana saya harus tahun depan berada di jalur yang benar? mencapai visi tiga tahun saya? Gunakan kriteria yang sama, dan pastikan itu sespesifik mungkin.
Dengan memulai dari atas dan kembali, harusnya sudah menyiapkan tiang gawang . Dan dengan garis besar yang sangat spesifik dari visi satu tahun, tiga tahun, lima tahun, dan sepuluh tahun , Anda dapat mulai membuat rencana dan struktur untuk bisnis yang akan membawa ke setiap tolok ukur.
Anda dapat membagikan visi ini, dan strukturnya, dengan orang-orang di tim, mengilhami mereka untuk mengikuti jejak . Anda juga dapat memeriksa secara berkala, dan melihat apakah sudah siap untuk mewujudkan apa yang di inginkan. Jika tidak, Anda memiliki ide bagus tentang apa yang perlu dimodifikasi atau disesuaikan - tanpa kehilangan fokus.
Yang benar adalah, jika hanya melanjutkan kegiatan sehari-hari dan berharap suatu hari kamu akan berakhir di tempat yang di inginkan, perubahan itu, itu tidak akan terjadi. Delapan puluh persen bisnis baru tidak akan bertahan selama lima tahun pertama. Rencanakan di mana Anda ingin berada dan gunakan visi untuk membimbing Anda.
salam dari penulis