16 Cara Cepat Melupakan Seseorang yang Pernah Kita Sayang

cara-melupakan-seseorang
Melupakan mantan kekasih, atau pacar , Bukan sesuatu yang menyenangkan, merelakan dan harus melupakan seseorang yang telah menjadi bagian dalam kehidupan kita. Terlebih dia adalah orang yang sangat kita cintai, yang selama ini mengisi hari-hari kita dengan kebahagiaan cinta dan suka cita.

Ditinggalkan atau meninggalkan orang yang kita cintai itu rasanya sangat menyakitkan, akan ada sebuah rasa kehilangan. Kesedihan sudah pasti kita rasakan, karena kesedihan adalah bagian dari cinta. Biarlah kesedihan itu akan kita rasakan dan menunggu kesembuhan yang ditawarkan oleh waktu. Tidak perlu mengisolasi diri, melakukan hal-hal yang berlebihan ketika melepaskan dan memulihkan diri dari rasa patah hati karena kehilangan.

Bagaimana Cara Melupakan Cinta

Cinta adalah sesuatu yang indah, sesuatu yang bisa membuat orang waras menjadi tak waras. Sesuatu yang dapat mengubah sifat seseorang dan tentunya dapat mengubah dunia menjadi lebih indah. Sayangnya, cinta tidak selalu seindah yang dibayangkan. 

Ada kalanya rasa cinta tersebut justru merobek hati dan membuat kita merasa tersakiti. Akhirnya ketika kita sudah tidak tahan lagi dengan rasa sakit tersebut, kita lebih memilih untuk melupakan cinta.

Melupakan cinta memang tidak mudah. Ya, karena cinta adalah sesuatu yang indah dan seharusnya tidak dilupakan. Namun daripada cinta tersebut semakin lama justru semakin menyakiti, maka lebih baik jika cinta tersebut dilupakan. Lalu, bagaimana cara melupakan cinta? Sebelum kamu membaca cara- caranya di bawah ini, ada satu hal yang sangat penting dan wajib diperhatikan. Apakah itu? Komitmen!

Jika memutuskan untuk melupakan, maka kamu harus komitmen dan konsisten untuk melupakan. Jangan awalnya sudah yakin mau melupakan tetapi di tengah jalan akhirnya justru membatalkan niat tersebut. Kamu nggak mau kan perjuangan kamu sia-sia begitu saja? Nah, kalau kamu sudah komitmen dan yakin, simak caranya di bawah ini.

Cara Melupakan Seseorang Yang Kita Cintai

Berikut tips atau penjelasan point penting cara untuk melupakan seseorang yang mungkin bisa memberikanmu sebuah pencerahan disaat hatimu yang sedang redup, dan memberimu sedikit pandangan agar dapat senantiasa terus berusaha melepaskan sosok yang masih menempel di pikiranmu

1. Mengakui Kesedihan

Kita tidak perlu bersusah payah untuk menyangkal kesedihan yang kita alami, berlindung dari kata "Aku tidak apa-apa" hanya karena ingin terlihat kuat dihadapan orang lain. Semua itu tidak akan mengurangi kesedihan yang kita rasakan, orang lain pasti juga tahu bila perpisahan akan menyisakan kesedihan. Percumah saja bila hanya terlihat kuat dari luar tapi ternyata hatinya rapuh.

Akui saja kesedihan yang kita rasakan, terima kesedihan seperti apa adanya. Ini bukanlah aib yang harus kita tutup-tutupi, semua orang juga akan merasakan hal yang sama bila berada diposisi kita. Hanya saja jangan biarkan kesedihan itu berlarut-larut, membawa kita hanyut tenggelam dan tersesat didalamnya.

2. Curhat Kepada Teman Dekat

Carilah orang yang dapat dipercaya, Sahabat dekat berbagi ceritalah kepada mereka tentang kesedihan yang kita alami. Walaupun mereka tidak memahami dalamnya perasaan kita, dengan menceritakan apa yang kita rasakan setidaknya dapat mengurangi sedikit kesedihan yang kita rasakan.

Dengan berbagi cerita, mungkin juga orang lain dapat memberikan sebuah solusi dan membantu kita keluar dari kesedihan. Bisa juga kita belajar dari cara orang lain dalam mengatasi kesedihan yang telah mereka alami.

3. Jangan Memaksakan Diri

Menyembukan sebuah luka fisik aja butuh sebuah proses, apalagi menyembukan luka hati yang tidak terlihat namun terasa sakit, dan sakitnya itu dimana-mana. Mungkin kita ingin segera sembuh dengan cepat, keluar dari rasa ketidak nyamanan yang kita alami. 

Butuh kesadaran realistis untuk mengatasi perasaan dan memberi kesempatan pada diri kita untuk pulih. Jangan memaksakan diri, terima penyembuhan yang ditawarkan waktu, seperti pepatah "Hanya waktulah yang dapat menyembuhkan semua luka" dan itu memang benar.

4. Berfikir Realistis dan Positif

Ambil hikmah dari setiap perpisahan, ketika dia memutuskan kita atau sebaliknya, berarti hubungan yang kita jalin tidaklah sempurna. Jika memang sempurna, tentu kesedihan ini tidak akan pernah ada dan kita tidak sedang berusaha melupakan dia saat ini.

Seperti kata orang bijak "Mungkin kita akan bertemu dengan orang yang salah, sebelum kita dipertemukan dengan orang yang tepat". Terima kenyataan, bahwa ada sebuah kelemahan dalam hubungan yang telah berlalu, dan itu bukan sebuah masalah lagi bagi kita sekarang. Bersyukur karena itu hanyalah bagian dari masa lalu.

5. Membuat Perubahan Baru

Membuat perubahan baru untuk diri kita sendiri akan membantu kita merasa baru, dan membuat hidup akan tetap menyenangkan. Carilah perubahan yang tetap positif, sekecil apapun perubahan yang kita lakukan itu akan sangat bermafaat bagi kita. 

Cobalah potongan rambut baru, mungkin ini akan membuat kita lebih menarik. Carilah tempat-tempat yang baru, rute yang baru, hindari tempat yang akan mengingatkan kita kepada kenangan masa lalu. Mungkin kita perlu melakukan semua ini untuk sementara waktu, hingga suasana hati kembali tenang.

Biarpun semuanya telah berlalu, tidak ada salahnya kita mengenang apa yang sudah kita lalu saat bersama dia. Dalam setiap hubungan pasti ada saat-saat yang menyenangkan, rangkaian momen bahagia dan juga sebaliknya. Karena tidak ada sebuah hubungan yang selalu menyenangkan pasti ada saat yang buruk didalamnya. 

Mungkin saja hubungan itu telah membawa keburukan kapada kita, tapi hal ini bukan berarti dia adalah orang yang buruk bagi kita. Akan tetapi ada beberapa unsur dalam hubungan itu yang meracuni kita dan menjadikan kita pribadi yang tidak baik saat bersama dia.Jadikan semua itu sebuah pengalaman untuk kita menghindari perangkap yang sama dihubungan yang selanjutnya. 

6. Hindari Menanamkan Kebencian

Seburuk apapun perlakuan dia kepada kita janganlah menjelek-jelekan dia, hargai aspek positif dari hubungan itu, dan bagaimana pengaruh dia dalam membentuk siapa kita saat ini. Terlarut dalam masa lalu yang gelap dan menanamkan sebuah kebencian hanya akan membuat kita terikat secara emosional dengan dia.

Sehingga hal itu akan semakin lebih sulit untuk dilepaskan. Rasa benci berlebihan gak akan melepaskan dia dari pikiranmu. malah sebaliknya, itu hanya akan melepaskan dari kebaikanmu. Buanglah semua kebencian, lanjutkan hidup bebas tanpa beban.

7. Memaafkan

Memaafkan dan berdamai dengan emosi adalah cara yang tepat, untuk membantu kita melupakan dia dengan lebih ihklas. Biarlah semua menjadi kenangan, kenangan tidak akan pernah hilang, tapi kita hidup bukanlah untuk kenangan tapi untuk masa depan.

8. Berinteraksi Dengan Orang Lain

Hal yang wajar bila saat dirundung kesedihan, kita ingin menyendiri dan menjauhi peradaban, tidak masalah jika itu hanya dalam jangka waktu yang pendek. Sekarang saatnya kita berinteraksi dengan orang lain, dengan teman-teman kita, dan mencari teman-teman baru.

Selama pacaran mungkin kita menjadi orang yang egois, terpisah jauh dari teman-teman karena kita hanya fokus dengan pasangan kita. Berkumpul dengan mereka kembali dan mencari suasana baru akan membantu kita untuk melupakan dia.

9. Tetapkan Batasan Dalam Pembicaraan

Beberapa dari teman kita ataupun keluarga kita mungkin tanpa sengaja akan menyinggung tentang hubungan percintaan kita dengan dia, tanpa mereka menyadari bahwa saat ini kita sedang berjuang untuk melupakannya.

Kita bisa mengatakan kepada mereka dengan berbicara baik-baik, untuk tidak menyinggung hal tersebut, jujur dan katakan bahwa kita butuh waktu.

10. Tetapkan Batas Interaksi Dengan Mantan

Kita harus mengetahui batasan rasa sakit kita selama bersama dia atau setelah perpisahan itu, hal ini untuk melindungi diri kita sendiri. Mungkin kita memilih untuk tetap berhubungan dan berkomunikasi dengan dia.

Akan tetapi, "sebagai teman" itu adalah hal yang menyakitkan bila dilakukan dalam waktu yang masih relatif dekat, dan hanya akan membuat luka baru. Mungkin memang kita seharusnya berpisah dengan total, karena memang untuk sementara waktu memulihkan diri sendiri dulu, intinya Jujur pada perasaan

11. Membuka Hati    

Membuka hati untuk orang baru bukan berarti menggantikan dia yang telah pergi, ini hanyalah bagian dari proses untuk melanjutkan kehidupan. Ketika kehidupan kita telah kembali normal dan kita tidak dalam bayang-bayang masa lalu, sekarang saatnya kita membuka hati untuk cinta yang baru.

Cara ini akan sangat efektif, terlebih seseorang yang baru ini lebih dari dia yang sebelumnya. Dan saat itu kita akan mengucapkan rasa syukur karena telah berpisah dengan dia, sehingga memberi kita kesempatan untuk menemukan yang lebih baik.

12. Melanjutkan Kehidupan

Semua fase telah kita lewati dan kita telah menemukan seseorang yang baru, saatnya kita melanjutkan hidup. Hargai apa yang telah menjadi bagian dari masa lalu kita, tanpa mereka tidak akan pernah akan ada masa kini dan masa depan.

Dengan orang yang baru dan cinta yang baru, hindari membawa beban lama pada hubungan yang baru. Ini bukan lah sebuah pelarian, ini adalah proses kehidupan dimana akan selalu ada yang datang dan yang pergi, hingga pada saatnya kita menemukan tempat untuk tetap tinggal dengan seseorang yang membuat kita benar-benar nyaman.

13. Membahagiakan Diri Sendiri

Sebenarnya apa sih tujuan kamu mencintai? Pastinya kamu ingin agar kamu dan do’i bisa bahagia bersama-sama selamanya (ya kira-kira seperti dalam dongeng happily ever after). Bohong banget kalau kamu bilang “Aku rela melakukan apapun asalkan dia bahagia. 

Nggak apa-apa aku ngalah asal dia bahagia walaupun nggak sama aku” Rasanya hal seperti itu hanya ada dalam film atau sinetron. Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang egois. Sebaik apapun kita, ketika kita mencintai seseorang pasti berharap dia bakal membalas perasaan yang sama ke kita. Jika rasa itu tidak terbalaskan, maka ini artinya kamu tidak bahagia.

Jadi siapa lagi yang bisa membahagiakan diri kamu kalau bukan kamu sendiri? So, tidak ada salahnya untuk memanjakan diri. Lakukan hal-hal yang kamu sukai. Nggak perlu jaim sama diri sendiri kalau kamu merasa nyaman. Melakukan hal yang disukai akan membuat kamu lebih enjoy dan menyadari bahwa tanpa cintanya kamu masih bisa bahagia.

14. Menyapa Teman-Teman

Biasanya kalau orang sedang jatuh cinta dan tergila-gila dengan seseorang cenderung akan mengabaikan teman-teman. Apakah kamu juga termasuk salah satu orang yang seperti itu? Jika selama ini perhatian kamu hanya fokus ke do’i, rasain deh sekarang kamu sendirian meratapi cinta itu. 

Tapi kamu nggak perlu gengsi atau khawatir temen-temen kamu bakal menertawakan kamu yang sedang kesusahan. Mereka justru akan menjadi malaikat-malaikat penolong kamu yang sedang menyedihkan ini. 

Hangout atau jalan-jalan bareng temen ke tempat yang dulu biasa kalian datangi. Jangan takut minta maaf kalau selama ini kamu sudah mengabaikan mereka gara-gara terlalu sibuk dengan cintamu itu.

15. Melupakan Harus All Out

Kalau Kamu memang berniat untuk melupakan, sebaiknya jangan setengah-setengah. Nggak ada namanya melupakan tapi masih nginget-nginget tanggal ultahnya, nomor hp, dan hal-hal lainnya. Kalau perlu buang atau sumbangkan hal-hal ‘berbau’ do’i yang masih kamu simpen. 

Jujur, nggak ada artinya kamu menyimpan itu semua karena hanya akan membuat kamu sulit move on. So, nggak ada tawar menawar dalam hal ini.

16. Cari Gebetan Baru

Ingat, hilang satu tumbuh seribu. Selama kamu mencintai do’i, mungkin kamu sudah tidak menghiraukan lagi makhluk-makhluk lainnya di sekelilingmu. Padahal sebenarnya ada banyaaak sekali cowok atau cewek yang lebih baik dari do’i. Hanya saja karena kamu terlalu cinta sama dia seolah- olah dia adalah makhluk paling sempurna.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>