7 Tips Ampuh Cara Investasi Emas yang Tepat

Cara-Investasi-Emas
Pada tahun 2000 harga emas rata-rata adalah US$ 250 per troy ounce (1 troy ounce = 31,1 gram, adalah satuan berat internasional yg digunakan untuk emas) dan pada bulan april 2020 harga tertinggi emas setelah penulis lihat adalah melebihi US$ 1.800 per troy ounce. Wow... sangat fantastis bukan!! 

Isu ekonomi dunia sejak tahun 2010 adalah tetap berfokus pada isu krisis global yang dimulai dari krisis finansial amerika. Tentu saja saat ini investor global sangat banyak yang melarikan dana mereka ke emas daripada produk produk finansial seperti saham, reksadana, obligasi, deposito maupun jenis-jenis derivatifnya karena masih tingginya ketidakpercayaan terhadap pemulihan ekonomi amerika.

Banyak ahli ahli ekonomi yang memperkirakan setelah tahun 2021 akan terjadi krisis ekonomi global yang bisa mencapai 10 (sepuluh) kali lipat dibandingkan dengan yang terjadi pada tahun 2008, disebabkan oleh ambruknya ekonomi amerika dikarenakan hutangnya yang mencapai lebih dari US$ 10.000.000.000.000,- (Hehe.. banyak banget nolnya silahkan hitung sendiri). 

Harus digaris bawahi Investasi suatu apapun pasti memiliki resiko antara untung dan rugi, perlu dipahami dulu suatu instrumentnya sebelum mulai berinvestasi

Tips Ampuh Berinvestasi Emas 

Untuk alternatif investasi dan tabungan agar kita aman dalam krisis global.

1. Berinvestasilah dalam jangka panjang

Ingat jangka panjang bukan untuk jangka pendek terutama bila emas tersebut dalam bentuk perhiasan. karena emas dalam bentuk perhiasan tentu saja harganya sudah ditambahi biaya pembuatan, bila anda menjual perhiasan emas tersebut maka toko emas tidak akan membayar harga pembuatan perhiasan tersebut dan hanya membayar harga emasnya. 

2. Investasi Dalam Bentuk Batangan

Investasi yang baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan. saat ini sudah tersedia berbagai macam ukuran beratnya, mulai dari kilogram sampai yg terkecil 2 gram atau 1 gram. Dan tidak seperti emas perhiasan, Yang bentuknya batangan tidak meminta biaya pembuatan.

3. Memilih Jenis 24 Karat

Jika anda membutuhkan emas sebagai perhiasan maka belilah emas kuning 24 karat tanpa berlian. Karena jenis ini yang paling dinilai tinggi oleh toko emas.

4. Menyimpan Tabungan Untuk Dana Darurat

Sediakanlah dana darurat sebelum berinvestasi emas, besarnya yang dianjurkan minimal 5 kali lipat pengeluaran bulanan anda. Kegunaannya adalah apabila ditengah perjalanan anda membutuhkan dana yg memaksa maka anda tidak harus menjual emas anda. Ingat emas lebih menguntungkan bila disimpan dalam jangka panjang.

5. Alternatif Dalam Bentuk Koin

Anda juga bisa berinvetasi dalam bentuk koin emas ONH (ongkos naik haji). biasanya koin emas ini diminati sebagai alternatif investasi bagi yang ingin menabung dan mempersiapkan ibadah haji. Apabila anda menabung dalam bentuk mata uang maka pasti terkena inflasi jika anda menabung dalam bentuk emas maka sangat aman terhadap inflasi.

6. Pastikan Kepercayaan Dengan Sertifikat 

Bila membeli emas bukan dari P.T. Logam Mulia, pastikan bahwa emas batangan 24 karat yang dibeli memiliki sertifikat ANTAM dengan kadar 99.99% serta nomor ID di sertifikat cocok dengan nomor di emas batangannya.

7. Pengamanan Menyimpan Emas Dengan Ketat

Simpan emas anda dengan baik. Bisa beli brankas sendiri untuk dirumah, bisa ditambahi asuransi untuk berbagai macam resiko atau bila perlu menyewa SDB (safe deposit box). Tentu saja dengan perhitungan untung ruginya yang bisa anda buat sendiri menyesuaikan berapa banyak emas yang anda miliki.

Ringkasan

Investasi emas biasanya profit secara cepat jika ada kondisi keuangan yang krisis, seperti contohnya pada tahun 1998. Anda juga bisa memilih investasi mata uang sebagai pilihan lain dengan memilih mata uang negara maju seperi amerika (dollar), inggris (poundsterling), Franc, Swiss, Dll

Tapi, Masa iya sih harus nunggu terjadi krisis keuangan! para petinggi negara pun kan memang mereka tidak akan tinggal diam, inginnya negara yang mereka pimpin damai-damai saja. tidak akan Para pemimpin negara membiarkan krisis keuangan terjadi dan akan mengusahakan ekonominya stabil

Oke, Semoga anda dapat terinspirasi dari Artikel Cara Investasi Emas diatas. Setidaknya menambah wawasan tentang dunia investasi. Hal terakhir yang ingin penulis sampaikan adalah jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan, agar anda bisa mendapatkan advice profesional tentang investasi anda.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>