Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Sederhana Menghafal Cepat Dalam Waktu Singkat

Tips Menghafal cepat dengan hafalan Banyak dalam Waktu Singkat. Ya, Siapa hayoo... yang mau  dihukum oleh guru karna nggak mengerjakan tugas-tugasnya??? Kalau saya lebih baik dikasih tugas baru daripada dihukum gara-gara nggak siap tugasnya. Padahal sudah dikasih tempo dalam beberapa hari namun alasannya pasti “saya belum hapal saya belum siap pak / ibu”. 

Ya mau nggak mau harus dihukum dan diberi nilai “C” yaa pasti kalau ditanya pun mau nilai C atau keluar selamanya dari pelajaran bapak/ibu itu, ya lebih baik dapat nilai C kali ya, daripada “D” . hahaha.. (saya sih gitu).

Nahh! mungkin beberapa sebagian mahasiswi ataupun mahasiswa punya caranya sendiri untuk menghapal atau cepat faham dengan metode belajarnya mereka masing-masing. Jadi, karna saya fikir ilmu itu lebih bermanfaat jika kita saling berbagi. jika anda tertarik menghafal bahasa asing sebelumnya ada tips bahasa apa saja yang mudah untuk dihafal di artile sebelumnya sudah saya tulis

Tips Menghafal dengan Cepat Dan Efektif & Tidak Mudah Lupa

Maka inilah 4 tips nya  yang akan saya bagikan yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman pembaca sekalian: 

1. Mendengarkan Lagu Favorit

Jika kamu yang hobi dengerin musik dan bernyanyi, coba deh kamu rekam sendiri hapalan kamu dengan handphone kamu tapi pakai tempo yang pelan aja ya jangan terburu-buru membacanya, kalau kamu pandai mengaransemen lagu, dirubah saja lagu kesukaan kamu menjadi hapalan2 kamu, selesai direkam dengerin berulang-ulang diwaktu kamu lagi santai  tanpa lihat catatan kamu, malam nya pun begitu juga kamu dengerin sampai kamu terbiasa dengan rekaman suara kamu sendiri.

    2. Menghafal Pagi Hari

    Nah yang ini, mungkin agak sulit ya apalagi memang kalo lagi ngantuk banget, ditambah lagi kamu yang capek banyak kegiatannya semalam sore. Tapi jika kamu memang sangat harus dipaksakan untuk melakukannya. Usaha kan kamu bangun pagi-pagi banget, ya sekitar jam 5. 

    Ya untuk yang muslim sesudah shalat subuh, kan diwaktu pagi-pagi fikiran masih fresh ditambah udara yang masih segar. Kamu bisa menghapal dengan santai, dan tanpa suara disekeliling kamu.

      3. Jangan Selalu Menunda

      Kalau yang ketiga ini udah jadi kebiasaan setiap orang, hampir semua orang mempunyai penyakit ini. Yaitu : Menunda. Naaah, buat kamu yang punya penyakit ini, buru-buru dihapus deh! Kasihan kalau kamu lagi sedang seru2 nya nonton tv, eh gak tau nya didapur masakan udah gosong gara-gara kelamaan dimasak (gara2 keasikan menunda). Hahaha.. 

      Jadi maksud saya disini apapun pekerjaan mu, tugas-tugasmu. Selesaikan lah secepat mungkin, kalau ditunda-tunda terus yang adanya kamu pasti flashback, maksudnya pasti kamu berfikir kembali dari awal coba dari kemarin-kemarin saya kerjain atau saya hapal pasti nggak sepusing ini nih kepala.

        4. Dahulukan Ngerjain Tugas Utama

        Yang selanjutnya ini antara Tugas “PR” dan Hapalan. Kalau saya ada dua tugas menghapal dan tugas/PR. Yang pertama saya siapkan pasti tugas PR saya bukan hapalan. Jadi kalau PR saya sudah selesai, ya pastinya fikiran yang satu ini sudah aman, jadi saya hanya tinggal menghapal. 

        Kenapa saya memilih mengerjakan PR dahulu? Yaa karena PR ini dalam satu hari bisa disiapkan. Apalagi kalau PR Bahasa Indonesia :D (ehh sombong, padahal nilai Bahasa Indonesia juga pas makan pas minum, hehehe). Nah kalo yang didahulukan menghapal dan PR belakangan malah jadi ribet yang adanya, jadi fikiran makin bertumpuk-tumpuk. Coba PR diselesaikan. Yaa jadi tinggal mengulang-ulang hapalan saja. hope it is useful

        Post a Comment for "4 Tips Sederhana Menghafal Cepat Dalam Waktu Singkat "