5 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Dapatkan Jika Rajin Membacanya

Manfaat Membaca Buku diantaranya banyak pengetahuan, maka akan banyak hal positif yang bisa kita dapatkan

Kenapa membaca buku itu penting? 

Apa Manfaat Membaca Buku? Begitulah pertanyaan yang sering muncul di benak sebagian orang. 
Seperti yang kita ketahui bahwa ada kalimat yang mengatakan bahwa  buku adalah jendela ilmu. Dan rasanya cukup banyak orang yang percaya pada ungkapan tersebut. Nah jika sudah ada ungkapan seperti itu apakah Anda masih bertanya apakah membaca buku itu penting?

Membaca buku memang penting dan yang lebih pentingnya dengan banyak membaca buku maka kita akan meningkatkan dan menambah pengetahuan yang sudah kita miliki. Dengan memiliki banyak pengetahuan maka akan ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan, seperti banyak hal yang semula tidak kita ketahui tetapi menjadi kita ketahui, kemudian kita bisa mendapatkan rejeki dari informasi atau ilmu yang kita miliki.

Kita bisa menambah teman karena banyak ilmu dan lain sebagainya.
Secara singkat, membaca itu bukan cuma untuk menambah pengetahuan kita. Melainkan dengan memiliki pengetahuan yang lebih maka kita akan
lebih mudah melaksanakan misi kehidupan, yaitu mendukung kebaikan dan mencegah terjadinya keburukan.

Tentu akan sangat indah ketika kita berilmu dan ilmu itu bisa mendatangkan kebaikan.
Contohnya orang-orang yang kaya dan berhasil adalah mereka yang berilmu dan menggunakan ilmunya untuk kebaikan. Orang yang disenangi adalah orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang lain. 
Nah karena membaca itu penting maka lebih baik kita rajin membaca.

Kemudian yang jadi masalah adalah gimana kalau kita tidak terbiasa membaca alias minat baca kita masih kurang. Untuk itu di artikel ini akan saya coba jelaskan bagaimana cara supaya Anda lebih berminat membaca. Berikut tips-tipsnya. 

Cara Meningkatkan Minat Baca

1. Membacalah dari Apa yang Anda Sukai

Tips pertama adalah bacalah yang Anda sukai. Misalnya Anda suka dunia otonitif, maka banyaklah membaca untuk buku atau karya tulis yang bertemakan otomotif. Dengan membaca sesuatu yang Anda sukai maka itu akan lebih mudah dan Anda akan bersemangat melakukannya. 

Jika Anda bingung apa yang Anda sukai, maka Anda bisa membaca dulu dari hal yang berkaitan dengan hobi Anda. Orang yang suka memancing tentu tidak akan malas jika membahas soal memancing.

2. Jika Ada Sesuatu yang Aneh, Cari Informasinya

Ketika Anda melihat sesuatu yang aneh, maka cobalah untuk mencari informasinya. Misalnya Anda menemukan keanehan kenapa Bill Gates bisa menjadi begitu terkenal dan kaya. Nah hal semacam itu bisa membantu Anda untuk mulai membaca. 

Anda bisa mulai mencari informasi dari majalah, buku, internet dan lain sebagainya. Dengan media yang baru saya sebutkan sudah pasti Anda setidaknya akan membaca.

3. Miliki Seorang Idola, Lalu Cari Buku Mengenai Idolamu

Biasanya, setiap orang pasti mempunyai idola. Entah itu atlet idola, artis idola, penyanyi idola, stand-up comedy-an (comic) idola, dan lain sebagainya. Nah jika Anda tidak tahu apa yang ingin Anda baca, maka Anda bisa mencari buku atau bacaan seputar idola tersebut. 

Misalnya Anda mengidolakan Lionel Messi, maka Anda bisa mencari buku atau artikel seputar Lionel Messi. Jika Anda nge-fans dengan Raditya Dika maka Anda bisa membaca buku-bukunya atu blognya.
Membaca sesuatu yang berkaitan dengan idola kita adalah hal yang menyenangkan. Untuk itu, silakan Anda coba sendiri 😊

4. Mintalah Kado Buku dari Orang-Orang Special

Saya jarang menemukan trik keempat ini di kehidupan. Tapi bukan berarti tidak berhasil. Sesuatu yang diberikan oleh orang yang special biasanya akan sangat berkesan. Misalny kado dari pacar, maka pasti akan sangat berkesan. Dan jika Anda sudah punya kesan pada hal semacam itu maka Anda akan tertarik memakainya.

Nah jika Anda memang ingin benar-benar meningkatkan minat baca Anda, maka Anda bisa minta kado buku dari pacar atau seseorang yang special dalam kehidupan Anda. Mudah-mudahan jika Anda sudah punya kesan pada pemberian  buku itu, maka Anda akan tertarik untuk terus membaca.

5. Jalan-Jalan ke Toko Buku

Jiika Anda sedang bosan, atau bingung mau melakukan aktivitas apa maka jalan-jalan ke toko buku adalah hal yang menyenangkan. Dengan sering jalan-jalan di toko buku maka lambat laun akan menimbulkan dorongan dari dalam diri Anda untuk membaca. 

Toko buku banyak menyediakan segudang solusi atas masalah yang kita hadapi sehari-hari, misalnya Anda bingung kenapa diputusin pacar itu sakit dan enggak enak, maka Anda bisa mencari penyebabnya dengan membaca buku yang dijual di toko buku.Intinya jalan-jalan ke tempat tersebut adalah hal positif yang bisa membantu meningkatkan minat baca Anda.

Nah, pembaca yang baik, bagaimana sudah tahu kan kenapa membaca itu sangat penting. Mudah-mudahan dengan artikel ini bisa membantu Anda untuk lebih rajin lagi membaca. Semoga dengan ilmu yang Anda miliki Anda bisa menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi banyak orang.
Salam. Agam Apandy

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>