-->

Cara Mendidik Anak Mandiri dan Mempunyai Jiwa Disiplin

anak-mandiri
Cara mendidik anak agar mandiri - Penyebab SDM Indonesia jauh tertinggal dibanding negara - negara lain adalah karena sejak kecil anak-anak kita tidak dididik dan dilatih untuk berpikir mandiri menghasilkan uang. Secara umum, banyak orang tua yang hanya mengarahkan anak-anaknya untuk belajar dengan baik di sekolah agar nanti dapat pekerjaan di perusahaah besar atau di instansi pemerintah. Sangat sedikit sekali orang tua yang mengarahkan anaknya untuk bekerja secara mandiri setelah lulus sekolah atau setelah lulus perguruan tinggi.

Yang terjadi adalah setelah lulus sekolah atau perguruan tinggi mereka beramai-ramai mencari dan melamar pekerjaan. Sangat sedikit sekali yang langsung berwiraswasta atau memulai usaha sendiri. Kalaupun ada, biasanya karena sulit memperoleh pekerjaan, sehingga terpaksa berwiraswasta.

Melatih mental tangguh dengan pemikiran maju

Ini merupakan kesalahan besar masyarakat kita di Indonesia, sehingga negara kita tidak bisa maju. Masyarakat masih terus terbelenggu dengan yang namanya kemiskinan akibat cara berpikirnya yang masih kuno. Ini harus  segera dirubah. Sejak kecil, 

Anak-anak kita harus selalu dibiasakan untuk berusaha selalu mandiri. Mereka dilatih, bagaimana bisa menghasilkan uang sendiri tanpa tergantung kepada orang lain atau bergantung pada pekerjaan yang bergaji tinggi. (bukan tabungan anak mandiri ya😊)

Begini Cara Teman Saya Melatih anak Mandiri Sejak Muda

Mungkin ini adalah contoh yang sangat bagus dari teman saya, yang memang telah punya pemikiran maju untuk mewujudkan kesejahteraan bagi diri dan keluarga serta masyarakatnya. Dia memiliki tujuh tempat kursus bahasa inggris di semarang. Sasarannya anak - anak  SMA. 

Yang menarik adalah bagaimana cara dia untuk mencari peserta kursus. Dia merekrut siswa SMA dari berbagai sekolah di semarang untuk dijadikan mitra. Siswa yang berhasil mengajak teman siswa lainnya untuk mendaftar dalam lembaga kursusnya akan diberi komisi tertentu sekian % dari biaya kursus.

Menurutnya dia tesebut, ada dua kelebihan dengan cara mencari peserta kursus yang kini dia terapkan. Pertama, dia tidak perlu mencari sendiri calon siswa yang bersedia mengikuti kursus di lembaganya serta menghemat biaya iklan. Dengan cara seperti itu, otomatis memiliki agen marketing yang banyak. 

Cara seperti  ini telah lazim dijalankan di bisnis online. Pemilik produk biasanya menawarkan kepada member atau afiliasinya komisi atau fee sampai dengan 70 persen. Hasilnya, tentu saja sangat luar biasa. 

Kedua, teman saya tersebut bisa melatih dan mendidik anak anak SMA mendapatkan uang secara mandiri, yang berarti bisa membantu meringankan beban orang tua. Jadi, mereka akan punya keterampilan dasar dalam berbisnis yaitu berjualan dan menawarkan.

Selepasnya pulang sekolah, mereka sudah terbiasa untuk menjalankan kegiatan bisnis atau usahanya. Tidak menjadi khawatir menjadi seorang pengangguran. Daengan begitu berharap bisa menciptakan lapangan pekerjaan di masa depan.

Tips dan Trik sederhana Agar anak mandiri dan disiplin 

  1. Arahkan si anak agar slalu melakukan kegiatan dengan sesuai jadwal yang dibuat
  2. Buatlah jadwal rutin kegiatan dia
  3. Kasih dia pujian atau beberapa hadiah jika si dia menunjukan perkembangan dirinya 
  4. Berikan sanski seandainya dia melanggar tapi sanksinya yang mendidik bukan dengan kekerasan

Sebenarnya tidak ada trik khusus yang benar-benar sangat manjur untuk mendidik anak mandiri, tapi biasanya seorang anak akan secara alami mencari panutannya entah itu dengan sikap juga perilaku.

Nah, disinilah peran yang begitu penting bagi kita sebagai orang tua dengan terus mendampingi serta mencontohkan bagaimana sikap kemandirian dan perilaku yang harus di perlihatkan pada anak anda.

Nilai-nilai yang di ajarkan semua orang tua memang sangat sedikit berbeda-beda. Contohnya sejak anak dari sekolah SD, ada orang tua yang dulunya waktu kecil sudah terbiasa pergi sekolah dengan berangkat sendiri. ada yang dengan naik angkot, jalan kaki, ataupun pake sepeda, Tidak mau sama sekali dianterin oleh si orang tuanya yang dulu,

Dengan di zaman saat ini, Hal itu sekarang sudah tidak bisa lagi dilakukan, sebab dari segi beberapa aspek, misalnya saja kegengsian dan keamanan para orang tuanya. itu hanya salah satunya mungkin banyak aspek laiinya.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi orang tua dalam mendidik anak - anaknya. Sehingga orang tua lebih mengarahkan anak - anaknya untuk menjadi pencipta lapangan pekerjaan bukan pencari kerja.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>